Welcome

The Queen’s Gambit Review, Wanita Juga Jago Bermain Catur

The Queen’s Gambit series review. The Queen’s Gambit adalah drama seri special di Netflix garapan Scott Frank dan Allan Scott yang diangkat dari novel Walter Tevis yang berjudul sama (1983). Drama Seri ini berseting tahun 1950an sampai tahun 1960an, berkisah tentang perjalanan hidup anak yatim piatu yang mahir bermain catur.

Beth Harmon, di tinggal sendirian setelah kecelakaan lalu lintas menimpa dia dan ibunya. Membuat Beth sebatang kara sehingga ia pun tinggal di panti asuhan. Beth berusaha menyesuaikan diri di lingkungan barunya, Beth tidak terlalu suka bicara dan bersosialisasi. Beth berteman dengan Jolene yang tidak canggung untuk berteman dengannya. Ketika Beth hendak membersihkan papan penghapus di basement asrama, untuk pertama kalinya Beth melihat papan catur kepunyaan Mr. Shaibel sang penjaga asrama. Catur itupun datang dalam halusinasinya setiap malam, sehingga membuatnya penasaran dan sering datang ke tempat Mr. Shaibel untuk bisa diajari cara bermainnya. Awalnya Mr. Shaibel tidak mau mengajari Beth karena mengganggap catur bukanlah permainan untuk wanita. Namun karena kegigihan dan kepintaran Beth yang bisa langsung hafal pergerakan beberapa pion, meluluhkan hati Mr. Shaibel. Beth mulai menguasai teknik bermain catur dan mulai terobsesi dengan permaianan catur.

The Queen’s Gambit menjadi drama seri yang paling banyak ditonton semenjak di rilis tanggal 23 Oktober 2020. Karena dari segi pembuatan dan akting pemainnya terutama Anya Taylor-Joy sangat luar biasa. kita benar-benar disuguhi cinematografi tahun 50an dan 60an dari penampakan gedung, jalan, fashion, kendaraan, serta musiknya, membuat kita benar-benar terbawa ke masa lampau. Akting nya Taylor-Joy sangat mampu menampilkan sang toko utama Beth yang jenius namun terkadang depresi. Kemudian dari segi cerita drama seri ini sangat banyak memberikan kita pelajaran, yaitu:

1) SAY NO TO DRUGS dan Alkohol

Beth terbiasa memakan obat penenang, yang di berikan rutin di panti asuhan, dahulu belum ada pelarangan pemakaian obat penenang. Panti asuhan mengambil jalan pintas untuk menenangkan para penghuni asramanya dengan memberikan obat penenang. Sehingga membuat Beth ketagihan, bahkan dia tergantung dengan obat penenang tersebut untuk bisa bermain catur dengan baik. Pelarian Beth atas permasalahan hidupnya adalah dengan mabuk minuman keras dan minum obat penenang. Bahkan karena dua hal tersebut membuatnya kalah dari lawan terberatnya Vasily Borgov. Ketika Beth bersih dari minuman keras dan obat penenang, dia menjadi lebih tenang menghadapi laawan-lawanya bahkan Beth berhasil menjadi juara. Ini membuktikan bahwa alkohol dan obat-obatan bukanlah kunci kesuksesan, so say no to drugs.

2. Practice Make Perfect

Beth bisa dibilang jenius di dalam permainan catur, namun apakah bakat tersbut memastikan dia selalu pasti menang? tidak, ternyata permaianan catur tidak cukup hanya dengan bakat dan kejeniusan namun juga karena taktik dan pengalaman. Karena itu Beth selalu berlatih setiap ada kesempatan. Sebelum lomba dia mempelajari langkah-lawan-lawanya. Bahkan Beth bersedia untuk diajari oleh lawan sebelumnya. Selain berlatih Beth juga suka membaca buku-buku terkait catur. Buku memberikan pengetahuan yang tak terhingga kepada kita, jadi rajinlah membaca buku.

3. Family Will Save You

Beth tidak punya siapa-siapa lagi, namun semenjak di Panti asuhan Beth telah berteman dengan Jolene, si anak bandel namun perhatian dengan Beth. Hingga Beth dewasa, Jolene membantu menyadarkan Beth dan membantu keuangannya. Selama ini Jolene selalu mendukung karir catur Beth, hanya saja Beth tidak menyadari itu. Beth menemukan arti keluarga dari Jolene.

Dalam Drama seri ini juga dituangkan hubungan ibu dan anak antara Beth dengan Alma Wheatley, Ibu angkat Beth. Setelah beberapa tahun tinggal di panti asuhan akhirnya Beth diadopsi oleh keluarga Wheatley. Sayangnya Mr. Weathley meninggalkan istrinya, sehingga Beth hidup hanya berdua saja dengan sang ibu angkat. Awalnya hubungan mereka kaku dan biasa saja. Namun semenjak Beth menang juara catur dan menghasilkan uang, Alma mulai membantu karir Beth, dia sangat mendukung penuh kecintaan Beth akan catur, sampai-sampai Alma sering berbohong ke sekolah supaya Beth bisa izin. Mungkin awalnya hanya karena uang namun sampai akhir hayatnya ia sangat peduli dan khawatir dengan Beth. ternyata walaupun tidak ada hubungan darah, naluri keibuan seorang wanita akan selalu ada, dan Beth beruntung diadopsi oleh Alma yang mencintainya apa adanya.

4. Tim Work is the Key

Apa rahasia Rusia yang selalu menjadi juara dunia catur? mereka bekerja secara tim. Ketika seorang perwakilan Rusia bertanding catur, maka perwakilan lainnya bersama-sama membahas dan membantu mencarikan jalannya. Itulah yang dipelajari oleh Benny Watts, juara catur Amerika yang berhasil dikalahkan oleh Beth, namun akhirnya mereka berteman. Pada saat final Benny mengumpulkan sang juara catur Amerika dan bersama-sama membahas peluang-peluang untuk Beth. Hal ini sangat membantu membangun kepercayaan diri Beth dalam menghadapi lawannya, dia tidak membutuhkan alkohol maupun obat penenang lagi.

5. Chess is Fun

Catur merupakan permainan yang membutuhkan daya pikir dan strategi. Namun di drama seri ini berhasil menampilkan bahwa permainan catur tersebut menyenangkan. Ketika melihat pion-pion tersebut bergerak sesuai jalurnya. Walaupun kita tidak mengerti catur, namun tidak ada kendala dalam menonton drama ini, karena kita mereasa permaiann catur tidak berat namun menyenangkan untuk disaksikan.

6. Chess Not Only For Man

Pada tahun 1950an pemikiran masyarakat masih kuno, apalagi terkait gender. Disini terlihat bahwa sangat jarang wanita bermain catur. Maka tiba-tiba ada seorang wanita jenius bermain catur, menjadi hal yang tidak biasa. Karena cerita ini menjadikan drama seri ini menarik dengan sentar tokoh seorang wanita.

Ketika bakat berpadu dengan kerja keras mendapat dukungan dari orang yang peduli menghasilkan sang juara dunia catur, Beth Harmon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *