Welcome

Review Start Up, KDrama dengan Second Lead Syndrome

Review Start Up. Start Up merupakan drama Korea yang dibintangi oleh Suzy, Nam Joo Hyuk, Kim Seon Ho, Kang Han Na. Drama ini tayang di saluran TVN dari 17 Oktober sampai 6 Desember 2020 dan bisa di streaming di Netflix. Drama ini berkisah tentang membangun usaha rintisan. Drama ini di tulis Park Hye Ryun yang udah ternama dengan drama-drama sukses yang ia tulis sebut saja Pinochio, I Can Hear Your Voice, While You Were Sleeping dan Dream High. Park Hye Ryun ahlinya menciptakan second lead syndrome di setiap dramanya, parahnya si second lead ini karakternya sangat kuat dan ganteng. Seperti di While You Were Sleeping, tokoh  Han Woo-tak yang ganteng dan berkarakter kuat yang membuat hati penonton bimbang.

Start up review

Begitu juga dengan Start up second lead syndrome sangat kuat bahkan mengalahkan sang tokoh utamanya. Membuat penonton tidak fokus lagi akan inti ceritanya, penonton lebih fokus ke cinta segitiganya. Terjadilah tim Han Jipyeong dan tim Nam Dosan yang rame termasuk di Indonesia. Hal ini terjadi karena sang penulis sengaja menonjolkan si second lead yaitu Han Jipyeong dari mulai episode pertama sehingga banyak yang mengira bahwa dialah tokoh utama atu sentral dari kisah ini, padahal bukan si tokoh utama adalah Sol Dami dan Nam Dosan. Bagaimana pasangan ini memulai usahanya dari nol hingga berhasil dengan melalui berbagai macam hambatan dan rintangan. sedangkan Han Jipyeong hanyalah bumbu penyedap di kisah pasangan ini.

Namun karena cara perkenalan tokoh Han Jipyeong di awal-awal episode dengan kisah yang membuat air mata berurai bagaimana tidak untuk jatuh hati pada Han Jipyeong. Seakan-akan penonton mereasa dekat dengan Han Jipyeong karena mengetahui kisah susah yang di alaminya sehingga selalu berharap akan yang terbaik untuk Han Jipyeong. Sedangkan pengenalan sang tokoh utama Nam Dosan tidak langsung menyentuh hati penonton, tidak memberikan kesan ini loh sang tokoh utama kita, ini adalah drama tentang dia. Penonton keburu telah di curi hatinya dengan kisah karakter Han Jipyeong. Ketika Han Jipyeong jatuh cinta pada Sol Dami maka otomatis penonton mendukung si second lead ini untuk bisa happy ending.

Dari sanalah mulai panas tim Han Jipyeong dan tim Nam Dosan. Han Jipyeong yang serba sempurna namun bermulut tajam namun dia adalah the good boy nya sang nenek. sedangkan Nam Dosan si keras kepala namun berhati baik. Sebenarnya drama ini sangat bagus diluar cinta segitiganya, Kisah sang nenek dengan Han Jipyeong adalah kisah yang paling menarik bahkan lebih menarik dari kisah cinta Dalmi dan Dosan. Kisah Dalmi dan sang ayah juga sangat menyentuh lebih menyentuh daripada kisah jatuh bangunnya usaha rintisan tim Dalmi. Episode 1 adalah episode terbaik dari semua episode di Drama ini, dimana kita disuguhi sinematografi yang bagus, kisah yang menyayat hati dan para tokoh yang membekas dihati.

Dalmi yang cinta pertamanya adalah Han Jipyeong (Nam Dosan di surat), tidak mau pacaran karena standarnya adalah Han Jipyeong. Jatuh cinta dengan Nam Dosan karena mengira Han Jipyeong. Lalu mengetahui bahwa Han Jipyeong adalah Nam Dosan di surat. Membuat Sol Dami diluar karakternya, karena standar cowoknya sangat tinggi namun datang Nam Dosan si tokoh utama kehilangan karakternya. Penulis terlalu memaksa untuk memberikan harapan palsu ke penonton bahwa Sol Dami ada hati ke Han Jipyeong dengan membuat bahwa standar cowok idamannya adalah Han Jipyeong namun tidak mengungkitnya lagi ketika bertemu Nam Dosan, seharusnya Sol Dami mereasakan kejanggalan dong dengan sikap Nam Dosan dan merasakan Nam Dosan bukanlah cowok impianya.

Begitu juga dengan sang kisah surat, merupakan awal muawal dari kisah Han jipyeong dan Dalmi, namun hilang saja padahal Dalmi menyatakan bahwa surat tersebut sangat berarti untuknya. Ketika mengetahui bahwa yang membuat surat adalah Han Jipyeong tidak ada satu episodepun mereka membahas surat tersebut. Maka pada episode akhir Jinpyeong menyatakan bahw surat tersebut telah menemani kesendirianya, dan mengatakan bahwa selama 15 tahun dia tidak mencari Dalmi tapi Dosan baru saja membacanya langsung mencari Dalmi. Disini penulis ingin menekankan maksud dari alur cerita yang sesugguhnya bahwa Nam Dosan lah pria yang tepat untuk Dalmi Nam Dosanlah pria yang jatuh cinta pada Dalmi duluan.

Review Start Up, Dari drama ini kita bisa mengetahui bagaimana perusahaan rintisan, tema yang berbeda dari drama korea lainnya. Tokoh utama wanitanya sangat menonjol seperti Seo Injae kakak Dalmi, yang sangat berpikir logis dan perfeksionis, di awal mungkin kita membecinya namun pada pertengahan nampak karismatik Seo Injae yang mau membangun bisnisnya sendiri dari usahanya sendiri. Begitu pula dengan Dalmi yang memiliki keteguhan hati dan kegigihan dalam mencapai apa yang ia yakini. Kemudian sang nenek yang tulus menyayangi Jipyeong bahkan memaafkan sang menantu dan memberinya tempat tinggal.

Selain aktor-aktor yang berakting luar biasa drama ini juga disuguhi soundtrack yang bagus bagus. Di awali dengan lagu Future yang dinyanyikan oleh Girl Grup Red Velvet seakan membawa kita berada di dalam perusahaan rintisan hingga lagu sedih yang berjudul One Day yang di nyanyikan oleh Kim Feel. Secara keseluruhan drama ini sangat berhasil menutup tahun 2020 dengan indah. Review Start Up.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *