Welcome

Review Film Enola Holmes, Wanita Juga Bisa Jadi Detektif

Ditulis oleh: Brainy Paramitha

Film baru dari Millie Bobby Brown, yang sebelumnya terkenal lewat serial Stranger Things. Berkisah tentang adiknya detektif terkenal Sharlock Holmes. Film ini dibuat berdasarkan Buku yang berjudul Enola Holmes karya Nancy Springer. film ini juga kali pertama Millie Bobby Brown menjadi Eksekutif Produser. Film ini melibatkan aktor dan aktris papan atas sebut saja Henry Cavill, Sam Claflin, Helena Bonham Carter, Fiona Shaw, serta pendatang baru yang mencuri perhatian louis Patridge.

Kisah bermula Enola Holmes, yang berulang tahun ke-16 dan mendapati Ibunya, Eudoria Holmes tidak di rumah lagi alias hilang tanpa jejak. untuk itu Enola menghubungi kedua Kakaknya yaitu Mycroft Holmes dan Sherlock Holmes. Kedua bersaudara tersebut telah pesimis saja untuk mencari keberadaan Ibu mereka, mereka berbagi tugas, Mycroft sang sulung otomatis menjadi wali Enola langsung memasukkan Enola ke sekolah kepribadian. Karena menurut Mycroft Enola tidak didik baik oleh Ibu mereka sehingga tidak menjadi wanita yang anggun yang mengerti tata krama. Sedangkan Sherlock mencari Ibu mereka. Sherlock sebenarnya kasihan dengan Enola namun dia tidak ingin ada cekcok dengan kakak sulungnya tersebut.

Sherlock, Enola, dan Mycroft

Beruntunglah Enola cerdas buah didikan sang Ibu, Enola mulai berpkir dan berupaya mencari keberadaan Ibunya melalui petunjuk yang di tinggalkan oleh sang Ibu dalam kado ulang tahun ke- 16 Enola. Perjalanan mencari sang Ibu di kota London tidaklah mudah, siapa sangka dia akan bertemu dengan Viscount Tewkesbury, Marquess of Basilwether yang juga dalam pelarian. Merekapun saling membantu hingga memutuskan jalan sendiri-sendiri ketujuan mereka masing-masing.

Perjalanan Enola dalam mencari Ibunya dapat dilakukannya sendiri dengan caranya yang luar biasa, di luar yang biasa ia lakukan atau diluar dugaan setidaknya diluar dugaan dari para kakak-kakaknya. Enola menyamar menjadi wanita dewasa yang anggun, sehingga dia lebih leluasa untuk melakukan pencarian sang Ibu, dari mengunjungi teman Ibunya hingga ke tempat yang ia duga tempat yang dikunjungi oleh Ibunya. Namun Eola juga terlibat bahaya bukan karena pencarian sang Ibu tapi karena ada hubunganya dengan Viscount Tewkesbury, adanya seseorang yang berusaha membunuh sang pria bangsawan tersebut, sehingga membuat Enola khawatir dan memutuskan untuk membantu menemukan Viscount Tewkesbury terlebih dahulu sebelum kembali mencari Ibunya.

Viscount dan Enola

Keseruan film ini dari pertualangan Enola mencari Ibunya juga upayanya mencari Viscount Tewkesbury, serta upayanya menghadapi para kakaknya. Cerita berpusat di kota London jaman Victoria, dimana para wanita tidak didengar suaranya. Film ini juga mengisahkan para tokoh wanita berusaha agar undang-undang remorfasi bisa disetujui walau dengan rencara dengan kekerasan. Namun Enola bisa mewujudkannya dengan membantu Viscount Tewkesbury, Marquess of Basilwether selamat dan memberikan hak suaranya agar Undang-undangn Reformasi bisa disetujui.

Gaya penceritaan film ini sedikit unik karena kita merasa ikut dalam petualangan Enola karena Enola berkomunikasi dengan kita, dengan Enola melihat ke kamera dan bercerita kepada kita, memperlihatkan ekspresinya kepada kita, sehingga menambah keseruan di dalam film ini seakan kita ikut di dalam ceitanya.

bloopers alias NG alias di buang sayang

Tidak ada adegan ciuman di film ini walaupun ada chemistry kuat antara Enola dan Viscount, namun dengan mereka hanya saling menggenggam tangan, serta ketika adengan mereka berpisah yang menonton ikut merasakan harunya.

Apa yang bisa petik dari film ini selain tokoh Holmes bersaudara ganteng-ganteng dan cantik? adalah belajar, karena kegigihan Enola belajar dari sang Ibu mulai dari, membaca, bermain catur, oleh raga hingga bela diri telah membantu Enola menghadapi permasalahan dalam kehidupannya. Dia tidak langsung menjadi hebat hanya karena seorang Holmes tapi karena rajin membaca buku, rajin mengamati, dan berlatih. Kejahatan pada akhirya akan selalu terungkap dan kalah dengan adanya upaya dan usaha untuk mengungkapkannya.

Wanita juga bisa menjadi apa yang diinginkan, tidak harus selalu di dapur, wanita juga bisa menjadi detektif hebat seperti Enola Holmes.

sumber: wikipedia, netflix

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *