Welcome
review film bebas

Review Film Bebas, Kita Bebas Nostalgia ke Jaman SMA

Hai Pecinta film Indonesia, kali ini kita akan mereview Film Nasional yang berjudul “Bebas”. Film yang diadaptasi dari Film Korea terkenal tahun 2011 yang berjudul Sunny yang dibintangi sederet akris top korea sebut saja Min Hyo Rin, Kang Sora, Shim Eun Kyung dan Nam Bora. Film Ini berkisah tentang persahabatan dan reunian dari enam orang sahabat yaitu Kris, Vina, Suci, Gina, Jessica, dan Jojo. Pertama-tama kita akan review versi penonton yang belum nonton Film Sunny alias Pure Bebas.

Review Film Bebas
  • PURE BEBAS

Review film bebas ini berdasarkan bagi kaum awam yang belum nonton film Sunny. Bagi yang belum pernah menonton versi Korea nya kita tidak ada ekspektasi apa-apa hanya pengen menikmati hasil karya sutradara Riri Reza dan Produser Mira Lesmana ini. Dengan nama dua orang sineas legend kebangkitan film nasional era tahun 2000an ini sudah jadi jaminan mutu tersendiri. Jadi kita tinggal duduk tenang sambil makann pop corn dan minum sambil duduk nyaman dibangku dengan tenang menanti suguhan apik di layar. Benar saja dari awal film hingga akhir film perut tak kuasa menahan tawa yang terpingkal-pingkal karena lawakan yang ngena banget. Walaupun film ini berseting tahun 1995 para milenial pun bisa dan paham akan apa yang disajikan. Cerita dimulai dengan Kris dewasa menderita penyakit yang di vonis hidupnya tidak lama lagi kemudian bertemu dengan sahabatnya Vina dewasa, kemudian Kris meminta Vina mencari sahabatnya yang lain yang tergabung dalam geng Bebas. Dari sinilah cerita di mulai dalam masa pencariannya film ini adengannya connect dari cerita tahun 2018 ke cerita tahun 1995 dan berjalan mulus antara pertukaran secene per scene tersebut.

Review Film Bebas

Kisah remaja geng babas adalah yang paling menarik dalam film ini, Apalagi adengan di rooftop yang kacau abis dari adu mulut, ampe gaya mau berantem tapi sok lagi ditarikin temannya buat nahan, dan ada yang kesurupan bahasa tahu sumedang, sama adengan kabur karena liputan 6 mau mulai. Yah jaman dulu kita sangat bergantung dengan televisi, kita bahkan menantikan acara tv bahkan ketika beli koran yang dilihat pertama adalah susunna acara tv hari ini. Jadi apabila kita terlewatkan bebepa menit saja acara kesayangan kita, maka abis deh gak ada rekamannya, gak ada siaran ulangnya, trus gak ada yang upload ke youtube karena jaman itu internet belum secepat sekarang.

Review Film Bebas

Cerita semakin seru ketika Vina berhasil menemukan satu persatu temannya mulai dari Jessica yang tetap seperti dulu yang rempong amat ama penampilannya terutama alis, terus Jojo yang dulu cerewet judes dan rada kemayu malah jadi jaim, kemudian Gina sang pemberani dan kaya raya sekarang hidupnya menjadi susah, lalu suci gimana? Suci sang primadona sekolah ini tidak dapat ditemukan susah detektif bayaran mencarinya, bahkan mereka memasang iklan di koran.

Yang menyenangkan dari geng Bebas ini adalah mereka terdiri dari karakter yang berbeda beda, seperti sang ketua Geng Krisdayanti atau dikeal dengan Kris yang berjiwa free, kuat, berani dan super care, dan bersifat terbuka juga karena dia dengan senang hati mengajak anak baru berteman, anak baru itu adalah Vina Panduwinata atau yang biasa dipanggil Vina asli dari kampung Jawa Barat, sehingga baru masuk saja sudah kena olokan teman sekelasnya, namun Kris bersedia berteman dan mengajak dia gabung bareng geng bebasnya yang sekelas ada Jessica si tembem yang judes dan pecinta alis trus ada suci sang primadona sekolah nan misterius, terus ada dua orang lagi dari beda kelas yaitu Jojo si cowok satu-satunya ini dengan slogannya mulutnya adalah senjatanya trus ada Gina si anak kaya raya yang cuma punya Ibu yang bisniswoman yang sukses. Karakter yang menarik adalah Suci karena dia bersifat pendiam namun dia tetap ngikutin kegiatan geng ini dari dance bahkan berantem dengan geng lain. Bahkan walaupun dia udah jadi cover girl dia tetap down to earth dan mau tampil bersama teman-temannya.

Geng Bebas sering berantem dengan geng lain yang bernama Geng Super Gurl, permasalahan mereka Cuma sepele yaitu cowok atau tempat mangkal. Makanya ketika ada adegan berantem antara dua geng ini selalu seru dan kocak abis mulai dari jambak-jambakan ampe kejar kejaran dalam kerumunan orang lagi tauran.

Tidak hanya kisah persahabatan namun percintaan juga ada, gimana Vina pertama kali jatuh cinta, merubah dia jadi lebih memperhatikan penampilannya, bikin lebih berani, namun walaupun dikisahkan patah hati tapi adegan ini yang paling bagus ketika Vina melihat adengan ciuman terus sampai dia menangis di taman in line dengan adengan Vina dewasa mengingat kejadian tersebut dan mereka berpelukan , that so touching palagi diiringin alunan suara Almarhumah Chrisye yang berjudul Sendiri. Mengucur sudah air mata ini.

Kisah geng Bebas dewasa juga gak kalah seru apalagi ketika Vina, Kris, Jessica dan Jojo meghajar anak-anak cowok nakal yang gangguin Mia anaknya Vina itu juga kocak dan seru. Sampai akhir kita dibuat penasaran gimana Suci apa dia masih hidup? Apa dia berubah? Bagaimana penampilannya sekarang secara peristiwa yang membuat mereka keluar dari sekolah itu membekas dalam pada diri Suci. Nah temukan sendiri jawabanya dengan nonton di bioskop, cepetan ntar udah turun layar nyesal.

Kesimpulannya setelah menontonnya kita sangat puas karena film ini sangat bagus dan keren berhasil menghibur dari awal sampai akhir itu gak ada satupun yang bikin bosan. Pengemasan Film Bebas secara total itu sangat apik dan nyaman ditonton, selain akting para pemainnya, musiknya, pengambilan gambarnya, serta tema 90an nya bikin kamu hanyut selama 2 jam.

  • Bebas Vs Sunny

Review film Bebas kali ini dari sudut pandang dari yang telah menonton film Sunny. Jujur kita nonton Sunny setelah bebas karena penasaran gimana versi aslinya dan ternyata film aslinya bagus dan dramanya dapet banget memanglah yah Korea itu ahlinya bikin drama mellow dan bikin nangis, terus terang adengan akhir ketika mereka dikeluarkan, sang ketua Choon Hwa memberikan kata-kata yang menenangkan aggotanya bahwa mereka akan bertemu lagi dan mereka berjanji akan melakukan tarian yang seharusnya mereka tampilkan hari ini tapi tidak bisa karena ada peristiwa tersebut.

Disini Bebas tidak mengangkat itu. Menurut kita itu sangat penting sehinga saat adegan akhir mereka ngedance itu in line dan bikin kita nangis, bukan hanya gara-gara surat wasiat Choon Wha saja buat mereka menari tapi karena mereka sudah berjanji. Sehingga artia adengan tarian saat itu sangat dalam.

Lalu poin yang tidak di tonjolkan adalah cadasnya karakter Suci, versi koreanya Sooji di gambar suka ngerokok diam-diam (ini emang gak usah) trus juga berani dan jago berantem. Bahkan hubungan dia dengan Nami atau Vina versi bebas semakin luat gara-gara adegan itu. Versi Bebas adengan perkelahian Sooji sendirian melawan 4 sampai 5 siswa yang gangguin Nami diganti dengan adenan Kris yang menghajar cowok yang selalu gangguin Vina dan Suci nya hanya menggertak saja. Tapi memang aktingya Lutesha yang keren dia bisa nampilkan Suci yang galak dan berkharisma, pokoknya kita teap jatuh cinta dengan tokohnya Suci. Apalagi kalau adengan Versi Sunnya gak diganti Sucinya mencuri perhatian banget buat penonton.

Akhir kata kesimpulan kita

Sunny itu bikin kita nangis, Bebas itu bikin kita tertawa.

Pelajaran yang dapat kita petik dari review film Bebas adalah jangan ngebully ini bisa dilihat pas adegan Dedi yang menghina Vina karena namanya sama dengan artis Vina Panduwinata, terus mengolok karena Vina dari Kampung, lalu geng Super Gurl minta duit sama Vina dengan cara memaksa.

Teman Sejati akan selalu ada walaupun terpisah jauh nanti juga ada jalan untuk bertemu, jangan putus asa wahai teman-teman yang sedang mencari teman lamanya.

Review Film Bebas

Jangan berantem, kalau bergenk itu lakukan hal positif ajah kayak ngedance, dan class meeting ajah. Bagi yang gak punya geng waktu SMA atau gak punya sahabat  jangan sedih kamu tak sendiri, kamu masih tetap bisa mengenang masa indahnya SMA. Karena bahagianya kita, kita yang menentukan. Kalau dengan kesendirian kita bahagia maka masa SMA kamu tetap indah.

Yuk sebelum turun layar ayo #gerakannontonfilmbebas #reunidibioskop

Bahkan Kang So Ra ajah nonton 2 kali loh https://www.instagram.com/p/B3d2rLGAog3/

baca review film lainnya https://wartahallyu.com/2019/10/10/penyakit-mental-joker/

Leave a Reply

Your email address will not be published.